Cara Mempercepat Loading Blog – Seperti yang sudah diketahui saat ini bahwasannya kecepatan loading blog merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi posisi blog anda pada SERP atau hasil pencarian google, mungkin blogger pemula mengabaikan mengenai hal yang satu ini karena kebanyakan dari mereka yang hanya fokus pada tampilan blognya saja. Sehingga dengan tak sadar ia akan kesusahan untuk mendapatkan ranking yang baik di mesin pencarian Google.

Jika blog yang sangat lama ketika dibuka tentu saja akan membuat pengunjung akan menjadi tidak sabar, sehingga banyak pengunjung baru yang akan meninggalkan sebuah situs yang memiliki loading yang cukup lamban.

Berbeda halnya seperti blog yang memiliki loading yang cepat dan ringan akan disukai oleh pengunjung dan juga mesin pencari juga akan ikut untuk menyukainya. Sehingga posisi SERP akan menjadi lebih bagus ketika menggunakan template yang memiliki loading yang cukup cepat dan ringan.

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab yang membuat loading blog menjadi lambat yakni ukuran gambar terlalu berat, menggunakan banyak script seperti Javascript, menggunakan banyak postingan di homepage, menggunakan background pada postingan untuk mempercantik template, dan masih banyak lagi.

Cara Mempercepat Loading Blog di WordPress dan Blogger

Untuk mengetahui kecepatan loading blog, Anda bisa menggunakan Tools online gratisan seperti GTMetrix ataupun Page Speed Insight. Dengan menggunakan tools tersebut juga anda bisa mengetahui penyebab mengapa loading blog anda menjadi lambat dan bagaimana cara mengatasinya..

Apabila kecepatan loading blog anda cukup lambat, maka anda tidak perlu panik. Karena masalah ini bisa diselesaikan kok, jadi anda tidak perlu khawatir. Beberapa cara yang saya berikan dibawah ini bisa anda ikuti dan praktekkan untuk mempercepat loading blog.

1. Gunakan Template Blogger Fast Loading

Tidak semua template blogger premium memiliki loading yang sangat cepat, karena ada beberapa yang pernah saya lihat ada template blogger premium yang cukup berat ketika diakses. Mungkin sesuai dengan harga yang dipatok, oleh karena itu.

Jika anda ingin menggunakan sebuah template gratisan atau premium, alangkah baiknya anda mengecek terlebih dahulu detail dari template tersebut, atau anda bisa mengeceknya kembali secara manual untuk memastikan apakah template yang akan anda gunakan layak atau tidak.

Apabila anda ingin menggunakan template yang fast loading dan memiliki tampilan yang elegan, maka saya merekomendasikan menggunakan template evomagz ataupun linkmagz. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya mas sugeng selalu memberikan template yang memiliki loading yang super cepat.

2. Kompres Gambar

Kompres gambar atau optimasi gambar merupakan salah satu faktor SEO On Page yang sangat wajib untuk diperhatikan, karena ini juga berpengaruh kepada kecepatan loading blog.

Apabila anda ingin menambahkan gambar di blog anda, usahakan gambar yang anda gunakan dibawah 100KB. Oleh karena itu, Anda diharuskan untuk kompres gambar menggunakan Situs Kompres Gambar Online Terbaik yang bisa anda cari di internet secara gratis.

3. Kompres CSS, HTML, dan Javascript

Tak hanya gambar yang perlu dilakukan kompresi, script yang ada di template blog pun bisa dikompres untuk mempercepat loading blog. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya semua script yang ada di template blog sebenarnya bisa dilakukan kompresi menggunakan tools gratisan yang bernama Minifier.org ataupun CSSminifier.com.

Namun, jika anda masih belum paham mengenai koding. Alangkah baiknya anda tidak melakukan cara yang satu ini, agar tidak terjadi error yang cukup sulit untuk anda atasi nanti. Apabila anda tidak ingin ribet, maka anda bisa membeli template buatan mas sugeng yang memang sudah disediakan XML versi Minifier dan Non Minifier.

Cara Mempercepat Loading Blog 

4. Batasi Jumlah Postingan di Homepage

Apabila anda baru saja membuat blog, besar kemungkinan postingan di homepage berjumlah 10 secara defaultnya. Nah, untuk meringankan loading blog, alangkah baiknya anda menggunakan jumlah postingan di homepage berjumlah 3-6 saja.

Untuk membatasi jumlah postingan juga cukup mudah, Anda hanya perlu pergi ke “Setelan” kemudian scroll kebawah hingga menemukan “Postingan”, pada menu “Jumlah maksimal postingan yang ditampilkan di halaman Utama” anda klik dan pilih menjadi 3 ataupun 6.

5. Hindari Penggunaan Widget Terlalu Banyak

Saat ini perkembangan blog memang sudah tidak seperti dulu, seperti yang sudah diketahui bersama bahwasannya blogger jaman dulu sangat suka dengan tampilan blog yang sangat ramai sehingga banyak yang menggunakan widget terlalu ramai seperti jumlah pengikuti, widget histats, banner-banner animasi, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk saat ini menggunakan widget terlalu banyak akan membuat loading blog menjadi lebih berat. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan widget secukupnya saja seperti Label atau Kategori, Postingan Populer, dan Postingan Terbaru ataupun Random Post.

Cara Mempercepat Loading Blog yang mudah

6. Gunakan Iklan Secukupnya

Iklan merupakan salah satu sumber penghasilan dari seorang blogger, dengan banyaknya iklan yang dipasang tentunya akan membuat penghasilan menjadi lebih banyak daripada menggunakan sedikit iklan. Namun, jika terlalu banyak menggunakan iklan akan memberatkan loading blog, yang awalnya 100 ataupun 96 pasti akan anjlok menjadi 30 hingga 40.

Agar tidak menyebabkan loading blog yang terlalu lambat, maka gunakanlah iklan secukupnya. Entah itu 3 ataupun 4 iklan. Sebenarnya memasang banyak iklan sah-sah saja, namun penyebab yang akan dihadapi yakni loading blog yang berat sehingga membuat pengunjung merasa bosan karena loading blog anda lambat untuk diakses.

7. Kurangi Widget Banner Affiliasi

Tak hanya iklan, pendapatan sampingan dari seorang blogger yakni affiliasi dari beberapa situs penyedia affiliasi. Sebenarnya tidak ada salahnya untuk memasang banner ini, namun perlu anda perhatikan juga ukuran gammbar dari banner affiliasi yang akan anda gunakan. Untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog, maka alangkah baiknya gunakan 1 banner affiliasi di bagian sidebar saja.

8. Hindari Penggunaan Gambar Background di Halaman Blog

Blogger jaman dulu memang sering sekali menggunakan background yang sangat menarik di halaman blognya. Namun, dengan menggunakan background akan memperlambat loading blog yang sedang anda gunakan. Oleh karena itu, hindari penggunaan gambar background. Jika anda menggunakan background juga berdampak kepada pengunjung karena kesulitan untuk membaca informasi yang anda sampaikan karena terhalang oleh warna background yang mencolok.

Cara Mempercepat Loading Blog dengan Mudah

9. Menggunakan Lazy Load

Seperti yang dikutip dari Wikipedia yakni Lazy Load merupakan pola desain yang umum digunakan dalam pemrograman komputer dan sebagian besar dalam pengembangan website untuk menunda gambar ataupun installasi suatu objek sampai ke titik tersebut dibutuhkan.

Oleh sebab itu, ada banyak sekali pembuat template blogger premium yang sudah menggunakan Lazy Load di dalam template premium yang telah ia buat.

Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi. Apabila template anda belum menggunakan Lazy Load, maka anda bisa menggunakan script Lazy Load yang sudah bertebaran di Internet, anda hanya perlu mencarinya lalu menerapkannya di blog anda untuk mempercepat loading blog.

10. Gunakan Template Versi AMP

Template AMP (Accelerated Mobile Pages) didesain khusus untuk pengguna mobile untuk meringankan pengunjung untuk mengakses blog anda, oleh karena itu banyak sekali saat ini blogger-blogger yang beralih menggunakan template versi AMP karena lebih diperhatikan oleh mesin pencari, bahkan google sendiri menyarankan untuk menggunakan versi AMP.

Namun, menggunakan template versi AMP tidak semudah yang anda bayangkan. Jika anda menggunakan AMP di Blogger, perlu beberapa script tambahan untuk membuat postingan valid AMP atau optimasi khusus untuk menjadi halaman valid AMP.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mempercepat loading blog yang bisa anda praktekkan, mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Apabila kecepatan blog anda sudah meningkat, besar kemungkinan posisi blog anda di SERP akan jauh lebih baik daripada sebelumnya. Selamat mencoba!

Cara Mempercepat Loading Blog

Sajian Menarik:

  • No Content
Share:

Leave a Reply