Keuntungan Bisnis Kursus Online untuk Mahasiswa – Jaman digital memungkinkan kita melakukan banyak aktivitas tanpa meninggalkan rumah, dan tanpa bertemu muka secara langsung. Termasuk dalam belajar atau kursus.

Kini banyak lembaga kursus online, maupun kursus online yang diselenggarakan oleh perseorangan. Kursus online adalah peluang bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan.

Kursus online bisa menjadi sumber tambahan penghasilan. Kamu bisa mengajar sesuai dengan apa yang kamu pelajari di bangku kuliah. Siapa tahu, kamu juga punya skill atau kemampuan lebih yang lain.

Modal yang kamu butuhkan untuk jualan kursus online tidak banyak. Lebih baik jika kamu punya komputer atau laptop untuk menyusun materi yang kamu butuhkan. Selebihnya, modal yang diperlukan hanyalah komitmen waktu dan ketekadan hati.

Keuntungan Bisnis Kursus Online untuk Mahasiswa

Penyampaian materi kursus online, satu peluang bisnis untuk mahasiswa

  • Pilih topik kursus yang kamu kuasai

Apabila kamu ingin mengajar tentang sesuatu, pastikan kamu benar-benar menguasai topik tersebut. Jika kamu ingin memberi kursus anak sekolah, siapkan diri dan update materi karena kurikulum sekolah jaman sekarang bisa berubah dari tahun ke tahun.

Selain kursus anak sekolah, tersedia banyak pilihan topik kursus. Karena kamu hampir setiap hari disibukkan dengan pelajaran kuliah, ini berarti jualan kursus online adalah satu peluang usaha bagi mahasiswa seperti kamu. Pasti banyak topik yang kamu kuasai dan bisa dijual sebagai materi kursus.

  • Riset pasar dan tentukan range harga

Setelah kamu menetapkan tentang topik kursus, lakukan riset di pasar tentang kursus online dengan topik serupa. Kamu bisa bandingkan materi tiap kursus. Amati, tiru dan modifikasi. Kursus online yang kamu tawarkan harus punya nilai lebih daripada kursus online di pasaran.

Selain itu, cari tahu tentang harga yang pantas untuk kursus online dengan topik tersebut. Jangan menjual kursusmu terlalu murah.

  • Pilih media tempat kamu menjual kursus online

Banyak pilihan media tempat kamu bisa memasarkan kursus onlinemu. Paling sederhana namun cukup ampuh adalah melalui WhatsApp Group.

Kamu juga bisa bergabung dengan penyedia kursus online seperti Udemy, SkillAcademy, Bizlab dan masih banyak lagi. Semakin menjamurnya bisnis yang menjual kursus online, menunjukkan bahwa model bisnis ini valid sebagai peluang bisnis untuk mahasiswa seperti kamu.

  • Susun konten sesuai dengan topik kursus

Buat garis besar materi kursus dan mulai siapkan konten. Setiap sesi harus kamu pikirkan dengan matang, jangan terlalu singkat namun jangan terlalu bertele-tele.

Tergantung pada media yang kamu pilih, kamu bisa menyiapkan konten yang sesuai. Konten ini bisa berupa file PDF, video, infografis, atau voice note.

  • Promosi

Jangan lupakan media sosial sebagai strategi pemasaranmu. Instagram, Facebook dan Twitter adalah sarana ampun untuk promosi. Promosi bisa gratis maupun berbayar.

Kamu juga bisa bikin landing page sendiri untuk memasarkan kursus kamu. Forum seperti Kaskus atau Facebook Group, juga bisa jadi sarana untuk memasarkan kursus online kamu.

Demikianlah informasi Keuntungan Bisnis Kursus Online untuk Mahasiswa, semoga bermanfaat.

Sajian Menarik:

  • No Content
Share:

Leave a Reply