Sewaktu kita ingin membangun sebuah gedung bertingkat untuk bisnis, maupun rumah sebagai hunian, ada banyak hal yang perlu disiapkan. Persiapan matang ini bertujuan agar bangunan gedung dan rumah jadi lebih kokoh dan tahan lama.

Contoh persiapan awal ialah pemilihan material yang tepat. Pencampuran antara material yang pas akan menghasilkan pondasi bangunan menjadi kuat. Tak kalah penting ialah perancangan dimana pondasi tersebut akan bertumpu. Pondasi tiang bangunan yang kokoh tentu akan membuat kita hidup lebih aman, sebab bangunan layak untuk kita huni.

Namun, kini banyak kasus bermunculan dimana bangunan gedung dan rumah tak memenuhi standar. Hal ini berpotensi membahayakan penghuni rumah kelak di kemudian hari. Maka, ada baiknya ketika membangun gedung atau rumah menggunakan tenaga ahli di bidangnya. Kamu boleh gunakan jasa pancang untuk struktur bangunan dan arsitek untuk perhitungan yang akurat.

Pada artikel ini, kami akan sampaikan jenis pondasi tiang pancang untuk konstruksi bangunan kokoh.

Seputar Tiang Pancang

Bangunan yang kokoh pasti membutuhkan pondasi yang mampu menahan beban di atasnya. Ada rumusnya agar pembuatan pondasi bangunan yang mantap.

Secara umum, tiang pancang adalah suatu metode memasukkan tiang ke dalam tanah pada kedalaman tertentu. Penancapannya dilakukan dengan mesin pemancang. Tiang ini berfungsi untuk menopang struktur bangunan dengan cara memindahkan beban berat ke dalam tanah pendukung.

Pembuatannya menggunakan material batu kali yang direkatkan semen bercampur pasir 1 : 4. Lalu, pada bagian beton diisi tulang besi yang rapi.

Jenis Tiang Pancang

Bentuk dari tiang pancang umumnya sama, persegi panjang atau silinder. Namun, terdapat beberapa jenis tiang pancang yang ada dalam dunia konstruksi agar dapat menyesuaikan kebutuhan bangunan yang diinginkan.

– Jenis Baja

Penggunaan jenis tiang pancang baja ini bermanfaat untuk meredam guncangan dari dalam tanah. Jenis tiang ini paling laris di pasaran untuk pembuatan bangunan kecil hingga besar.

– Jenis Beton

Tiang berbahan beton ini biasanya langsung dibuat dari pabrik. Penggunaannya sangat mudah karena bisa langsung kita gunakan. Bentuknya pun beragam, dari kotak, persegi panjang hingga silinder.

– Jenis Kayu

Jenis tiang kayu sering orang gunakan untuk menyangga rumah tradisional di Indonesia. Meski sudah ada semen, kita tibak bisa anggap remeh kayu. Sebab, kayu punya ketahanan terhadap cuaca dan perubahan struktur dalam jangka watu yang lama.

– Jenis Komposit

Bahan komposit pada tiang pancang memiliki daya tahan tinggi. Sebab ia bisa bertahan dari perubahan suhu maupun struktur kimiawi tanah. Fungsinya yang banyak menjadikannya harganya lebih mahal dibanding jenis tiang pancang lainnya.

Setelah memutuskan menggunakan jenis tiang pancang, kini saatnya kamu memulai membangun. Hendaknya agar selalu pakai helm safety saat melakukan pantauan project, apalagi saat ini harga helm safety sudah terjangkau dan bisa dibeli dengan mudah secara online atau datang langsung ke toko safety.

Semoga bermanfaat.

Sajian Menarik:

  • No Content
Share:

Leave a Reply