Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris – Salah satu teknik menjaga laptop biar tahan lama yakni dengan memanfaatkan laptop sewajarnya seperti saat udah penuh di-charger. Selain itu, kamu harus bersihkan monitor laptop biar tidak cepat rusak. Jika laptop sudah rusak akan tampil garis – garis yang dapat mengganggu. Rata-rata bila sudah tampil garis-garis ini, laptop dapat susah untuk dibetulkan.

Namun bila kamu mengalami hal semacam itu, tenang! Kamu dapat langsung baca artikel Cara Ampuh Memperbaiki Layar Laptop Yang Bergaris

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris dan Penyebabnya

Sebelum kita mengetahui Cara Ampuh Memperbaiki Layar Laptop Yang Bergaris, sebaiknya kita tahu dahulu nih apa yang mengakibatkan monitor laptop bergaris, berikut penjelasannya dibawah ini :

1. Sistem Laptop Yang Error

Yang menimbulkan monitor laptop bergaris yang pertama yaitu karena sistem error. Sepertinya halnya ketika suara pada laptop tidak keluar, ada kemungkinan pula garis-garis yang muncul karena sistem laptop yang sudah error. Masalah ini disebabkan sistem tak berperan sebagai mestinya.

2. Beberapa Kabel Fleksibel Yang Bermasalah

Pemicu selanjutnya adalah karena kabel fleksibel yang mempunyai masalah. Kabel fleksibel ini sebagai penyambung di antara monitor laptop dengan elemen yang ada di motherboard.

Apabila kabel fleksibel ini ada permasalahan, kemungkinan besar monitor laptop kamu bakal tampil garis-garis. Bahkan kasus yang lebih kronis lagi, monitor laptop kamu tak hidup atau tidak berfungsi dengan baik.

3. Ram Pada Laptop Rusak

RAM laptop yang tidak berfungsi pasti akan menyebabkan tanda-tanda seperti monitor laptop ada garis-garis yang mengganggu.

Bukan cuma itu saja, RAM laptop yang error bisa pula mengakibatkan laptop tidak dapat masuk ke Windows. Oleh karenanya, sebagai pemakai kita mesti mencermati kondisi komponen yang ada pada laptop, antara lainnya RAM.

RAM yang error ini bisa jadi  disebabkan masih banyak debu didalamnya. Maka dari itu kamu diwajibkan untuk membersihkan debu pada kuningan RAM dengan memakai penghapus karet.

4. VGA Pada Laptop Rusak

Selanjutnya hal yang paling berhubungan dengan monitor laptop merupakan VGA. Yups, apabila VGA Card rusak akan memengaruhi monitor laptop. Misalnya seperti netbook mendadak blue screen, keluar garis-garis sampai hanya ada tampilan putih saja.

Cara Mengatasi Layar Laptop dengan Mudah

5. Pemasangan Layar LCD Tidak Benar

Pemicu yang lain kenapa layar laptop bergaris yaitu disebabkan karena penempatan layar yang tidak betul atau mungkin tidak akurat. Masalah ini dikarenakan beberapa bagian dari layar tidak bisa berfungsi secara maksimum, maka dari itu effect bergaris pun pasti akan muncul.

6. Layar Laptop Tertekan/Tertindih

Selain itu penyebabnya bisa jadi karena layar laptop sempat tertekan atau ketindihan. Sebab bentuk laptop yang sangat minimalis, maka dari itu risiko rusaknya makin tinggi ketimbang dengan PC.

Masalah ini bisa terjadi karena kita tidak sengaja menjatuhkan benda berat lalu menghantam laptop. Maka dari itu ada sejumlah bagian laptop yang mengalami kerusakan tanpa kita ketahui.

7. Layar Laptop Terkena Benturan Keras

Sama dengan sebelumnya, di saat laptop terkena benturan benda keras, kemungkinan ada bagian yang alami kerusakan. Termasuk layar laptop yang paling rawan di saat terkena benturan atau bahkan juga jatuh.

8. Kesalahan Produksi Di Pabrik

Penyebab terakhir bisa jadi karena kekeliruan produksi pabrik. Apabila kamu merasa tidak melakukan hal-hal di atas atau bahkan juga kamu baru-baru ini beli laptop, lalu muncul garis-garis kemungkinan besar karena cacat produksi.

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya

Sehabis kamu mengenal apa yang menjadi penyebab LCD laptop dapat bergaris, yuk langsung saja kita baca bagaimana sih jalan keluarnya menangani layar laptop yang bergaris-garis berikut dibawah ini :

1. Restart Laptop Terlebih Dahulu

Teknik yang pertama pastinya dengan melakukan re-start pada laptop lebih dulu. Karena hal ini kemungkinan karena service sistem pada laptop lagi bertabrakan atau error. Hingga memicu terjadinya beberapa program bermasalah.

Di saat service sistem memiliki masalah tanda-tandanya berbeda, bukan cuma muncul garis-garis pada layar, namun ada pula yang persoalnnya seperti folder tidak dapat dibuka dan lain sebagainya.Oleh karena itu, kamu perlu mencoba untuk re-start laptop.

2. Mengupdate Display Adapter

Sama seperti yang telah diperjelas sebelumnya, jika satu diantara penyebab kenapa layar laptop ada garis-garis karena ada perangkat keras yang bermasalah.

Rata-rata hal demikian dikarenakan driver tak terinstal secara benar atau memang belum di-update. Oleh maka itu, kamu penting mengupdate atau instal ulang driver display adapters.

Untuk metodenya dapat baca beberapa langkah berikut ini :

  • Masuk ke ‘Device Manager‘ melalui cara search di kolom pencarian taskbar.
  • Lalu pilih ‘Display Adapter‘. Maka akan muncul ‘Intel(R) HD Graphics 620‘ atau sesuai dengan bagian display yang dipakai.
  • Bila ada tanda seru, maka driver mengalami masalah. Nah, untuk menyelesaikannya kamu hanya
  • klik kanan di driver > Lalu klik ‘Update driver‘.
  • Tunggu hingga proses up-date driver selesai. Apabila sudah coba untuk re-start laptop lalu lihat perubahannya.

Cara Mengatasi Layar Laptop dengan cepat

3. Periksa Kondisi VGA Serta RAM

Berikutnya kamu dapat coba untuk mengecek RAM dan VGA pada laptop. Untuk melakukannya kamu haruslah membongkar terlebih dahulu casingnya.

Tapi dengan membuka kamu dapat tahu apakah RAM dan VGA ada debu yang menimbulkan munculnya layar bergaris. Untuk langkahnya dapat kamu lihat dibawah ini :

  • Untuk membersihkan RAM pada laptop, kamu dapat pakai penghapus karet untuk bersihkan debu yang ada pada kuningan RAM. Kalau sudah bersih kamu dapat pasang lagi dengan betul.
  • Untuk VGA kamu dapat melepasnya terlebih dulu, lalu membersihkan pin-pin nya dengan memakai penghapus karet. Kalau sudah bersih kamu dapat pasang lagi dengan betul.
  • Seusai bersihkan RAM dan VGA, sesudah itu kamu dapat nyalakan kembali laptop dan cek keadaan layar.
  • Kalau sudah tidak ada garis, berarti memang karena RAM dan VGA kamu kotor. Tapi, kalau masih tetap ada garis-garis di layar, kamu dapat lanjut baca langkah selanjutnya.

4. Mengganti Kabel Fleksibel

Selanjutnya kamu dapat mengganti kabel fleksibel laptop dengan yang baru. Kalau kamu sering memakai laptop, kemungkinan besar aktivitas buka dan tutup laptop kerap menjadi inti permasalahannya.

Hingga membuat kabel elastis yang menyambung di antara layar laptop dengan komponen mothermoard jadi rusak atau hancur dan kendur. Oleh karenanya, kamu penting untuk menggantinya.

Tapi penting diketahui untuk mengganti kabel fleksibel laptop cuman dapat dijalankan oleh orang yang benar-benar pakar dalam membedah pasang laptop. Jadi pastikanlah kamu dapat melakukannya, kalau tidak bisa lebih baik dikonsultasikan dengan pakarnya.

Cara Mengatasi Layar Laptop yang error

5. Melakukan Testing Terhadap Layar Dengan Aplikasi

Selanjutnya untuk mengenal faktor yang mengakibatkan layar laptop kamu rusak, kamu dapat memanfaatkan program pihak ke-3 .

Misalnya program Pixel Repair, program ini bermanfaat unutk menemukan di mana saja kerusakan yang ada pada layar laptop kamu. Untuk langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama, ambil dan instal program Pixel Repair di laptop kamu.

    Ke-2 , extract file seperti umumnya dan jalankan programnya > selanjutnya untuk menampilkan aneka warna sisi mana sajakah yang memiliki masalah kamu dapat pilih warnanya dan klik tombol ‘Enable‘.

  • Selanjutnya kamu dapat klik menu ‘Repair‘ dan klik tombol ‘add‘ untuk menampilkan kotak area pembaruan.
  • Apabila sudah kamu dapat langsung drag kotaknya ke posisi yang ada masalah untuk menutup permasalahan yang terdapat dead pixel.
  • Selanjutnya nantikan proses pembaruan sampai selesai. Apabila sudah kamu dapat klik tombol ‘Delete‘ dan mengeluarkan aplikasi. Setelah itu restart laptop kamu dan lihat hasilnya.

Cara Mengatasi Layar Laptop yang error

6. Mengganti Layar Laptop

Apabila semua trik di atas tidak bisa juga, kemungkinan layar laptop kamu rusak disebabkan terjatuh, benturan atau tertekan maupun tertindih.

Nah, untuk menanganinya kamu butuh ganti LCD laptop dengan yang baru. Kamu dapat menggantinya apabila kamu benar-benar sangat terganggu dengan garis yang tardapat di LCD laptop.

Saat ini telah banyak kok yang menjual LCD laptop di program jual-beli online. Sehingga kamu gak perlu cemas untuk menggantinya.

7. Service Laptop Ke Ahlinya

Cara Cara Ampuh Terakhir Untuk Memperbaiki Layar Laptop Yang Bergaris dengan membawa laptop kamu ke tukang service. kalau kamu tidak dapat memasang LCD laptop sendiri kamu dapat mengantar langsung ke orang yang memang ahli dibidangnya. Hal ini mempunyai tujuan supaya tidak ada komponen yang ikut rusak.

Jadi, itulah tadi beberapa Cara Ampuh Memperbaiki Layar Laptop Yang Bergaris. Jika dirasa artikel ini dapat membantu kamu. jangan lupa ya untuk membagikan artikel ini ke teman dan kerabat kamu agar mereka juga terbantu

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

Sajian Menarik:

  • No Content
Share:

Leave a Reply